Pantai Klayar

PANTAI KLAYAR

Hasil gambar untuk kelebihan pantai klayar daripada pantai lainnyaKota Pacitan Jawa Timur, kota yang di kenal dengan julukan kota 1001 Goa.

Lokasi : Desa Kalak, Kec. Donorejo, Kab Pacitan Provinsi Jawa Timur

Htm :Rp. 10.000

Buka/Tutup : 24jam

Kelebihan yang ditawarkan oleh Pantai Klayar Pacitan :

1. Menyajikan pemandangan yang unik berupa batu karang yang jika   diamati akan menyerupai patung Spinx dari Mesir.

2. Terdapat air mancur di tengah batu karang, sehingga keunikan ini hanya bisa dijumpai manakala anda datang ke Pantai Klayar.

3. Terdapat pula seruling laut yang diapit oleh bongkahan besar batu karang dan terpaan ombak mengeluarkan suara yang unik.

4. Memiliki pasir putih yang menjadikan pemandangannya terlihat selalu bersih.

Gambar terkait

Fenomena unik di balik tebing ini yaitu Seruling Samudra. Terdapat sebuah lubang kecil yang dapat menyemburkan air cukup tinggi, fenomena ini pun sesekali mengeluarkan bunyi seperti seruling. Waktu yang tepat untuk melihat seruling samudra ini adalah ketika air laut mulai pasang, yakni pada pukul 09.00 pagi dan jam 16.00 sore. Pada saat itu air akan menyembur keluar melalui lubang kecil ketika ombak-ombak memasuki celah celah kecil di batu karang Semburannya menjulang tinggi. Ketika ombak sedang pasang, air laut yang keluar dari lubang ini bisa mencapai ketinggian 15 meter dan sudah pasti jika ombak sedang besar pengunjung di larang memasuki ke area ini karena sangat berbahaya, sehingga Anda hanya dapat menyaksikan fenomena menakjupkan dari kejahuan.

Selain fenomena fenomena unik di Pantai Klayar terdapat juga tiga buah lubang air atau bisa di sebut sumur oleh warga setempat, ketiga sumur-sumur ini terletak di celah celah batu karang di belakang tebing batu, lokasinya tidak jauh dari seruling samudra. Sumur pertama dan yang terbesar adalah sumur yang dahulu di gunakan untuk memandikan dan mengobati kuda yang berlomba. Menurut penuturan mbah Warijan tempat ini dahulu di jadikan tempat ajang balap kuda. Sementara sumur yang kedua bernama sumur Suranyata dan sumur yang ketiga sumur yang paling kecil bernama sumur Cindelaras, yang menarik dari mitos ketiga sumur tersebut yaitu jika anda membasuhkan wajah dengan air ini maka wajah anda akan memancarkan aura kebaikan selain itu air di sini dikabarkan juga membawa berkah bagi mereka yang percaya.

Leave a comment