Tugas Manager Keuangan

Hasil gambar untuk tugas manajer keuangan
Tugas manager keuangan adalah :
1.    Meramalkan dan merencanakan keuangan
Artinya, seorang manajer keuangan harus mampu berinteraksi dengan eksekutif lain dan bersama-sama merencanakan kegiatan apa saja yang  harus dilakukan untuk ke depan. Sebelumnya tentu saja terlebih dahulu meramalkan kondisi yang akan terjadi di masa yang akan datang dan yang kemungkinan besar berdampak, baik langsung maupun tidak langsung tehadap tujuan perusahaan.
2.    Keputusan permodalan, investasi dan pertumbuhan
Manajer keuangan dituntut untuk mampu menghimpun dana yang dibutuhkan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Manajer keuangan harus mampu menentukan pertumbuhan penjualan, alternatif proyek yang akan dibiayai, bentuk investasi yang akan dilakukan, serta alternatif sumber dana penggunaan utang dan ekuitas.
tugas bendahara di perusahaan
3.    Melakukan pengendalian
Dalam perjalanannya, bisa saja aktivitas perusahaan menyimpang dari hal yang sudah direncanakan baik disengaja maupun tidak. Tanpa adanya tugas manajer keuangan untuk melakukan pengendalian, maka kemungkinan terjadinya kegagalan dalam pencapaian tujuan tersebut sangat besar.
4.    Hubungan dengan pasar modal
Kebutuhan akan modal dapat dicari dari berbagai alternatif sumber dana dan salah satunya dari pasar modal. Dalam hal ini manajer keuangan harus mampu berhubungan dengan pasar modal sehingga pencarian modal dari sumber ini dapat dipenuhi.

Leave a comment